DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

 Nama : Kasih Th Ndun 

Kelas : XI TKJT 1









Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. Disini kamu akan belajar untuk mengolah pesan secara informatif, komunikatif, dan efektif, serta se-kreatif mungkin agar pesan dapat mencapai sasaran dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual (pengelihatan). Di prodi ini kamu akan banyak kegiatan praktek untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.


MANFAAT DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 


1. Penguasaan Keterampilan Desain yang Kuat

Salah satu manfaat utama yaitu DKV adalah penguasan keterampilan desain yang kuat.Siswa DKV akan mempelajari konsep desain,komposisi visual,tipografi,pilihan warna dan penggunaan software desain yang penting.


2. Kemampuan Komunikasi Visual yang Efektif


Sebagai desainer komunikasi visual, penting untuk dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui elemen-elemen visual.DKV membekali siswa dengan pemahaman mendalam tentang bagaimana desain dapat mempengaruhi emosi, membangkitkan minat, dan menyampaikan pesan dengan jelas. Kemampuan ini sangat berharga dalam berbagai profesi, seperti periklanan, pemasaran, media sosial, dan desain produk.


3. Fleksibilitas Karir yang Luas

Keuntungan besar lainnya dari kuliah DKV adalah fleksibilitas dalam memilih karir. Lulusan DKV memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai desainer grafis, ilustrator, desainer web, animator, fotografer, desainer interior, atau bahkan memulai usaha kreatif mereka sendiri. Dalam era digital ini, permintaan akan desainer yang memiliki pemahaman tentang media digital terus meningkat, memberikan banyak peluang bagi lulusan DKV.



4. Kesempatan Kolaborasi dengan Profesional Kreatif Lain

Selama masa SMK,siswa DKV emiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan mahasiswa dari disiplin ilmu kreatif lainnya seperti seni rupa, fotografi, arsitektur, dan film. Ini memberikan pengalaman kerja tim yang berharga dan memperluas pemahaman mereka tentang kolaborasi antar-disiplin. Setelah lulus, koneksi ini dapat berlanjut menjadi jejaring profesional yang kuat, membuka pintu untuk peluang kolaborasi lebih lanjut.



5. Peningkatan Kemampuan Analitis dan Kreativitas

Sekolah DKV menawarkan banyak keuntungan dan manfaat bagi para mahasiswa yang tertarik pada seni dan kreativitas. Dengan penguasaan keterampilan desain yang kuat, kemampuan komunikasi visual yang efektif, fleksibilitas karir yang luas, kesempatan kolaborasi dengan profesional kreatif lainnya, dan peningkatan kemampuan analitis dan kreativitas, lulusan DKV memiliki peluang yang menarik dalam industri kreatif. Jika Anda memiliki minat pada desain dan seni visual, kuliah DKV dapat menjadi langkah awal yang tepat menuju karir yang memuaskan dan bermanfaat.




Prospek Kerja Keren Lulusan DKV


Banyak yang bilang, era digital saat ini ketika semua orang melakukan migrasi besar-besaran ke dunia digital, skill lulusan DKV laku keras. Tidak dipungkiri, kini semua serba visual dan lowongan pekerjaan lulusan DKV menjamur dimana-mana.

Cakupan bidangnya juga bertebaran di sekitar kita. Iklan di media elektronik maupun cetak merupakan salah satu contoh Desain Komunikasi Visual. Poster, katalog, animasi, brosur, hingga kemasan produk juga merupakan contoh Desain Komunikasi Visual yang dapat dengan mudah kita jumpai.

Berikut prospek karir keren jika kamu mengambil jurusan DKV!


1. Periklanan 

Di dunia periklanan, lulusan DKV dapat meniti karir mulai dari desainer grafis membuat konten ilustrasi di posisi illustrator dan fotografer, serta membuat video promosi oleh videografer dan animator.


2. Media massa, TV, film 

Media massa sangat membutuhkan ilustrasi foto dalam pemberitaannya, sehingga dibutuhkan peran fotografer untuk menyempurnakan beritanya. Dalam dunia pertelevisian dan film, lulusan DKV dibutuhkan sebagai pembuat gambar storyboard (illustrator), sinematografi, art director, creative director, desainer grafis, animator, art stylist, dan videografer.


3. Game dan animasi 

Untuk membuat game, dibutuhkan kerjasama antara seorang animator, desainer grafis, dan pembuat model 2D / 3D. Tentunya dalam dunia animasi pun kita membutuhkan seseorang yang bisa melakukan motion graphic dan animasi 2D/3D. Lulusan DKV dapat mencakup dua bidang kegiatan ini.


4. Mengabdi sebagai Aparatur Sipil negara (ASN) / PNS

Kamu pasti bertanya-tanya jika mengambil jurusan DKV bisa memiliki karir sebagai ASN/PNS tidak ya? Tentu saja bisa. Kamu bisa mendaftar jalur dosen, atau pengajar sebagai guru seni. Atau kamu juga bisa membidik ASN Badan Ekonomi Kreatif (BekRaf). Sebenarnya untuk kementerian lain juga sangat potensial, asalkan, posisi yang dibuka memang membutuhkan lulusan DKV.


5. Wirausaha Mandiri

Lulusan DKV sanggup berwirausaha yang mencangkup ruang lingkup yang telah dijelaskan diatas. Tentu menggunakan bisnis & keyakinan dan pengalaman Lulusan DKV sanggup sebagai Creativepreneur. Dan kebanyakan memang lulusan DKV berwirausaha dengan membuka agensi digital marketing atau jasa dokumentasi.


CONTOH-CONTOH GAMBAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 





 














































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Loporan sharing

FUNGSI FUNGSI TOOLS PADA CORELDRAW