Huawei wireless ws330

HOME

ada 3 bagian 


- Connect to the internet 


- Set Up WLAN 


- Check My Network Status 





Pengertian Connect

Apa pengertian dari connect? Connect adalah terhubung atau dengan kata lain menghubungkan komputer ke jaringan internet. Misalnya anda mengkoneksikan/ menghubungkan modem anda ke jaringan internet dan setelah status terkoneksi anda dapat mengakses informasi di internet itu namanya connect. Selain itu dengan terkoneksinya ke internet anda dapat terhubung dengan sesama pengguna internet di seluruh dunia. Jadi connect adalah hubungan yang dibutuhkan internet supaya bisa melancarkan atau memudahkan segala urusan dalam proses browsing.


Apa fungsi dart internet connection sharing

Apa Fungsi Internet?

Pada dasarnya, jaringan internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai media komunikasi

Salah satu bukti begitu masifnya penggunaan internet sebagai media komunikasi adalah munculnya berbagai situs media sosial, aplikasi chatting, dan lainnya yang bisa semakin memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai media untuk akses informasi

Era internet bisa dikatakan juga dengan era keterbukaan, yang artinya kehadiran internet akan membuat orang-orang lebih mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Bisa dikatakan apapun informasi yang ingin dicari, maka bisa dengan mudah didapatkan melalui jaringan internet.

3. Sebagai media bertukar sumber daya

Ada banyak sekali orang yang ingin berbagi sumber daya ataupun data pada orang lain di seluruh dunia. Dan hal semacam ini bisa dengan mudah dilakukan melalui internet. Beberapa data atau sumber daya yang sering dibagikan di internet di antaranya adalah jurnal, karya tulis, makalah, video, foto, desain, dan lain sebagainya.

4. Sebagai media untuk akses berita

Dengan semakin banyaknya situs berita online ataupun media online, tentunya berbagai peristiwa terbaru bisa dengan mudah diketahui.

Bagaimana Sejarah Perkembangan Internet?

Tahukah kamu, bahwa internet pertama kali muncul pada tahun 1969 dengan bentuk sebuah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA? ARPA (Advanced Research Projects Agency) membangun jaringan internet pertama kali yang kemudian diberi nama ARPANET. ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya jaringan internet yang dikenal saat ini.

Kemudian di tahun 1980-an, barulah internet mulai digunakan oleh kalangan terbatas dan menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat. Protokol standar dari TCP/IP mulai dipublikasikan ke publik di tahun 1982. Adanya nama domain juga sudah mulai digunakan di tahun 1984. Lalu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET inilah yang mulai menggantikan peran ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak negara pun akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan lewat NSFNET tersebut.

ARPANET memang telah diturunkan pada tahun 1990, namun internet hasil pengembangannya itu sendiri tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini. Jika dulu, informasi yang dapat dimiliki lewat internet hanya informasi yang berbasis teks. Pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang dikenal sebagai WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan lagi oleh CERN. Kemudian di tahun 1993, InterNIC didirikan agar bisa melayani pendaftaran nama domain dari publik. Lalu sekitar tahun 1994, internet masuk ke Indonesia. Pada waktu itu, jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan nama Paguyuban Network.


2. SET UP WLAN

Menghubungkan perangkat seperti laptop, smartphone, maupun perangkat lain yang kompatibel ke internet;
Membagikan data tanpa harus terhubung dengan kabel;
Menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya, misalnya dari smartphone ke smart tv.

3 CHECK MY NETWORK STATUS 

  • ConnectivityManager memberi tahu aplikasi Anda tentang status konektivitas di dalam sistem.
  • Class Network mewakili salah satu jaringan yang saat ini terhubung dengan perangkat. Anda dapat menggunakan objek Network sebagai kunci untuk mengumpulkan informasi tentang jaringan dengan ConnectivityManager atau untuk mengikat soket di jaringan. Saat jaringan terputus, objek Network akan tidak dapat digunakan; meskipun kemudian perangkat dihubungkan kembali ke peralatan yang sama, objek Network baru akan mewakili jaringan baru tersebut.
  • Objek LinkProperties berisi informasi tentang link untuk jaringan, seperti daftar server DNS, alamat IP lokal, dan rute jaringan yang diinstal untuk jaringan.
  • Objek NetworkCapabilities berisi informasi tentang properti jaringan, seperti transport (Wi-Fi, seluler, Bluetooth), dan kemampuan jaringan. Misalnya, Anda dapat membuat kueri objek untuk menentukan apakah jaringan mampu mengirim MMS, berada di belakang captive portal, dan apakah objek berbayar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Loporan sharing

FUNGSI FUNGSI TOOLS PADA CORELDRAW